OS JARINGAN

Novell’s Netware

netware telah menjadi menjadi sistem operasi populer untuk mengolah LAN berbasis PC untuk lingkungan kampus atau perusahaan. Perlu diketahui bahwa biaya pertukaran informasi dijaringan PC bisa lebih murah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni komputer mainframe dan midrange. Novell terus memperbaiki sistem operasi jaringannya dengan merilis versi terbarunya yakni netware 6.5. novel juga mengembangkan strategi untuk menggabungkan netware dengan linux yang bernama Novell open enterprise yang diperkenalkan pada awal tahun 2005.

Windows NT dan 2000/2003

Microsoft windows NT ( new technology) yang kemudian diupgrade ke windows 2000 adalah sistem operasi multitasking yang didisain bagi server jaringan untuk kepentingan bisnis, baik skala besar maupun kecil. Windows versi ini memungkinkan banyak pengguna untuk bertukar sumber daya. Pengguna juga bisa membuat aplikasi web dan tersambung keinternet. Diawal kehadirannya pada tahun 1993, muncul dua versi , yaitu workstation dan server. Windows NT workstation membuat para seniman grafis, teknisi, dan profesional lain bisa memakai workstation pribadi untuk bekerja secara intensif di meja sendiri. Sedangkan windows NT server didesain untuk memberi banyak manfaat kepada para pengguna yang terhubung ke jaringan. Awal tahun 2000, microsoft mengeluarkan versi terbaru, windows 2000, untuk mengganti windows NT. Windows 2000 server tersedia dalam berbagai varian antara lain: windows 2000 professional, windows 2000 server, windows 2000 advanced server, windows 2000 data center server. Pada tahun 2003, microsoft mengeluarkan versi terbarunya yaitu rumpun windows server 2003 yang memperkuat sistem keamanan, ketahanan, dan pengaturan dalam banyak hal. Windows versi vista akan dirilis pada akhir tahun 2006.

UNIX, Solaris, dan BSD

Unix dikembangkan oleh AT&T bell lab pada tahun 1969 adalah sistem operasi yang ditunjukan untuk mini komputer. Kemudian pada tahun 1980, AT&T bekerjasama dengan sun microsystem untuk mengembangkan UNIX komersial yang terstandarisasi. Unx adalah sistem operasi multitasking yang bisa digunakan oleh banyak pengguna yang dapat bekerja disegala jenis komputer. Unix lebih banyak digunakan di mainframe, workstation dan server. Unix juga digunakan untuk mengolah situs web dan menjalankan internet karena kemampuannya mengelola sistem berukuran besar. Unix menggunakan antarmuka commandline , tetapi adapula perusahaan yang menjual sistem Unix dengan antarmuka grafis shell agar Unix lebih mudah digunakan.

Solaris buatan sun microsystem adalah versi Unix yang populer untuk menangani server e-commerce dan situs web skala besar. Varian lain adalah BSD(barkley software distribution) perangkat lunak gratis turunan Unix yang dikembangkan oleh departemen ilmu komputer universitas california tahun 1970. Varian unix lain yang dibuat oleh Hewlett Packard(HP-UX) dan IBM (AIX).

Linux

Berawal pada tahun 1991, Linux -sistem operasi gratis yang bersifat opensource(programmer dapat mendownload secara gratis dan memodofikasinya) buatan programmer linus torvald, seorang sarjana di Finlandia. Linux adalah Unix versi gratis , non-proprietary dan terus menerus dikembangkan oleh puluhan ribu programmer yang bekerja keras secara sukarela. Karena dibuat untuk dipakai diinternet, linux lebih tangguh dibandingkan windows dalam bidang aplikasi online.pertumbuhan yang cukup signifikan mungkin berasal dari kemampuannya yang melebihi aplikasi lain.


Sumber : http://prima.kurniawan.students-blog.undip.ac.id/2009/06/10/os-jaringan/

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai