Ditantang Ruby, Artav Sukses Tangkal Virus 'Yuyun'


Dalam acara kuliah umum di Aula Timur ITB, Arrival Dwi Sentosa dan Taufik Aditya Utama membeberkan jeroan antivirus buatannya. Tak hanya menceritakan proses pembuatannya, mereka juga menantang audiens untuk menjajal antivirus tersebut.

"Siapa yang memiliki flashdisk silakan di-scan pakai Artav. Nanti akan ketahuan ada virusnya atau tidak," ucap mereka.

Tantangan ini pun disambut oleh Ruby Alamsyah, praktisi TI yang kerap kali muncul ke media kala kasus skimmer di ATM mengemuka beberapa waktu silam. Dia langsung memberikan satu flashdisk.

Dalam waktu singkat, Artav pun berhasil mendeteksi dan mengkarantina virus yuyun.ink. Sontak, tepuk tangan lebih dari 500 peserta kuliah umum pun membahana.

Ruby tak bisa menutupi kekagumannya terhadap anti virus tersebut. "Ini luar biasa," katanya singkat.

Yuyun.ink merupakan virus lokal yang tengah populer di masyarakat. Virus ini memiliki kemampuan untuk mengubah file .ink sehingga merusak sistem operasi yang ada.

Tak hanya kagum, Ruby pun memberikan masukan kepada kedua bocah ini. Mereka ditantang untuk menambahkan fitur untuk mengkoreksi virus yang ada di database. Sehingga lebih mempercepat waktu scanning.

"Iya. Kita masih kembangkan. Fitur itu juga salah satu fitur yang akan kita tambahkan," kata Arrival saat berbincang dengan detikINET usai presentasi.

Saat ini sudah ada 1.031 jenis virus dalam database Artav. Variannya sendiri sudah 500.000-an varian virus.


Sumber : http://www.detikinet.com/read/2011/02/11/173057/1569622/398/ditantang-ruby-artav-sukses-tangkal-virus-yuyun/

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai