OS PC dan LAPTOP

1. Sistem operasi machintos

Sistem operasi machintos (mac os) yang hanya berjalan pada komputer apple machintos, memiliki antarmuka yang selalu berorientasi pada ikon dan grafis yang mudah dipakai. Antarmuka apple merupakan hasil penemuan xerox yang merupakan hasil riset dari stanford research institute. Ketika awal peluncurannya pada tahun 1984, sistem operasi ini langsung digemari banyak orang. Kemudian pada tahun 1998, apple memperkenalkan komputer imac( i berarti internet) yang memiliki kemampuan lebih, termasuk kapabilitas jaringan komputer.

Mac os x sistem operasi mac bersifat proprietary, artinya hanya satu perusahaan yang memiliki dan mengendalikan sistem operasi ini. Mac system 9 yang diluncurkan bulan oktober 1999 mempunyai mesin pencari terintegrasi , GUI terbaru, dan layanan jaringan yang lebih diperbaiki. Versi mac selanjutnya bernama mac os x. Versi terbaru ini tidak lagi menggunakan UNIX sehinnga tampilannya lebih dramatis. Jika anda hendak menginstal program aplikasi yang sekiranya menggangu program lain, secara otomatis mac akan melarang anda melanjutkan proses instalasi, sehingga tidak akan mengalami konflik perangkat lunak yang sering terjadi pada sistem operasi windows.

Versi OS X terbaru, yaitu tiger, yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2005, mempunyai fitur yang sangat menarik, antara lain:

· Spotlight : mesin pencari di dekstop, adalah perkakas yang berfungsi untuk mencari seluruh informasi di harddisk komputer pribadi anda.

· Dashboard-untuk membuat widget desktop. Dashboard berupa sekumpulan aplikasi berukuran kecil biasanya berupa jam, kalkulator, laporan cuaca yang selalu tersedia di desktop.

· Automator-untuk menangani tugas-tugas yang berulang, semisal memeriksa pesan baru dari pengirim tertentu dan kemudian mengirimkan notifikasi singkat kepada anda

Mac menjadi raja?machintos masih mendominasi area desktop publishing dan dunia pendidikan. Berbagai program untuk game dan keperluan bisnis banyak tersedia secara luas bagi sistem operasi mac. Kelebihan lain yang ada pada mac adalah mac bisa membaca dokumen yang dibuat dengan aplikasi berbasis PC Windows.

2. Microsoft Windows

Pada tahun 1980, terinspirasi oleh popularitas MAC dan GUInya, microsoft pun mulai membuat windows agar DOS lebih ramah bagi pengguna PC. Versi awal windows 1.0, 2.0, 3.0 yang bersifat non proprietary kurang disambut baik oleh respon pasar. Tetapi pada tahun 1992, windows 3.x(secara teknis windows 3x bukanlah sistem operasi yang utuh, tetapi sebuah shell diatas DOS) menjadi sistem operasi yang populer diantara para pengguna PC.

Sistem operasi windows 3.x diperbaiki menjadi windows 95, yang kemudian diganti oleh windows 98 dan windows me. Di antara sekian perbaikan yang signifikan pada ketiga versi diatas, fitur yang cukup mencolok adalah fitur universal plug and play. Fitur ini diartikan sebagai kemampuan komputer untuk mengonfigurasi komponen perangkat keras baru secara otomatis, sehinnga tugas para pengguna komputer makin mudah.

Windows xp yang diperkenalkan pada tahun 2001, menggabungkan windows me dan elemen perangkat lunak jaringan diwindows dengan GUI versi terbaru. Versi ini memiliki stabilitas lebih tinggi dan dukungan perangkat keras lebih baik. Windows XP Home Edition diperuntukan bagi pengguna rumahan, sedangkan windows XP Professional Edition digunakan dalam bisnis skala apapun. Windows XP Tablet PC Edition dipakai dilaptop khusus yang mendukung pengisian data dengan pena tertentu yang mampu menulis dilayar. Dipenghujung tahun 2004, microsoft meluncurkan XP Media Center Edition2005, yaitu sistem operasi yang berorientasi pada media.

Windows vista yang dijadwalkan keluar pada akhir tahun 2006 merupakan upgrade terbesar sejak windows XP tahun 2001. Hal-hal baru yang ditawarkan microsoft adalah sebagai berikut:

· Keamanan yang lebih tangguh di sektor keamanan, privasi, kinerja, dan ketahanan yang lebih baik, serta kemudahan pemakaian.

· Cara baru mengolah informasi

· Koneksi dan kapabilitas yang lebih baik.

perbandingan tampilan windows dengan mac


Sumber : http://prima.kurniawan.students-blog.undip.ac.id/2009/06/10/os-pc-dan-laptop/

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai