Google Rilis 29 Tim Robot Penjelajah

Google akhirnya merilis susunan tim yang lolos dalam kompetisi robot penjelajah bulan. Nantinya, hadiah senilai USD30 juta (sekitar Rp265 miliar) akan diberikan pada tim yang pertama kali mengirim video penjelajahan sejauh 500 meter di atas permukaan bulan.

Berdasar keterangan sponsor utama kompetisi, yakni Lunar XPrize, kompetisi akan mempertemukan 29 tim dari 17 negara sedunia.“ Kompetisi privat secara resmi dimulai,”tutur pejabat eksekutif X-Prize Foundation Peter Diamandis. Kompetisi yang dimulai sejak 2007 itu diharapkan bakal memperoleh pemenang 2015 mendatang. Dari keseluruhan tim, sebanyak delapan kelompok terdaftar paling akhir.Kedelapan tim itu masuk susunan 29 tim hanya beberapa saat sebelum registrasi ditutup. Beberapa di antaranya berasal dari Israel, Hungaria, Brasil, Kanada, Cile, dan India. “Ketika pertama kali membuka kompetisi, kami kira hanya akan ada 12 (tim),” tutur Diamandis. Bagi Diamandis, kompetisi ini bukan sesuatu tanpa realisasi. Nantinya, akan ada realisasi. Suatu saat bila benar-benar akan ada penjelajahan di atas bulan. “Ini sungguh-sungguh sebuah kompetisi,”tandasnya.

Satu lagi bukti bahwa semesta dan segala misteri pada bentukan partikel-partikelnya selalu membuat manusia penasaran. Mereka dengan berbagai motivasi dan tujuan lantas berlomba mengembangkan pengetahuan semesta. Caranya pun bermacam-macam. Ilmuwan sudah pasti langsung menerjunkan perangkat terbaik untuk mencari tahu kondisi semesta. Sementara situs layanan pencari berita Google pilih menggelar kompetisi unik, yakni pembuatan perangkat berupa robot penjelajah. Ketika beberapa badan antariksa sibuk meneliti planet- planet dalam tata surya,Google mengambil tujuan yang lain.Siapa pun pemenangnya berhak menjelajah setiap inci bulan.

Sejak seleksi dimulai pada 2007, tampak beberapa robot penjelajah tampil dalam ragam rupa. Ketika pengumuman kompetisi dirilis, beberapa perusahaan langsung menyusun rancangan penjelajah robotik mereka. Tentu, masing-masing punya keunikan dan kelebihan yang berbeda pula. X-Prize dan Google berharap gelaran kompetisi bisa memicu semangat para penggiat pengetahuan semesta.Lebih dari itu,mereka ingin eksplorasi semesta disetir oleh perusahaan-perusahaan swasta.

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai