Pendapat Negara-negara lain Soal Mesir


aksi demonstrasi yang dilakukan oleh warga Mesir memang tidak sia-sia, dimana tepat pada hari ke-18 akhirnya Presiden Mubarak menyerah dan menyatakan mundur. Kemunduran Mubarak yang telah memimpin Mesir selama 30 tahun ini sontak membuat rakyat Mesir bersorak-sorai. Kemunduran ini juga menuai beragam tanggapan dari beberapa negara barat.

Langkah Mubarak yang sudah lama dinanti-nanti rakyat Mesir tersebut pun disambut baik oleh beberapa negara barat.

Berikut komentar mereka sebagaimana dilaporkan Reuters,

Amerika Serikat
Wakil Presiden Joe Biden mengatakan perubahan kekuasaan di Mesir adalah momentum penting dalam sejarah Mesir dan Timur Tengah. Dia mengatakan transisi di Mesir haruslah perubahan yang permanen. Sementara itu pihak Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama akan menyampaikan pernyataan mengenai Mesir dalam waktu yang akan ditentukan.

PBB
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon meminta transisi pemerintahan yang transparan, teratur dan damai di mesir melalui pemilihan umum yang kredibel menuju pemerintahan sipil.

Rusia
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, negaranya berharap perkembangan terakhir di Mesir akan membantu memulihkan kembali fungsi dan stabilitas struktur kekuasaan di Mesir. Rusia berharap bukan hanya pemerintah tetapi juga kelompok oposisi memiliki keinginan untuk menstabilkan keadaan.

Israel
Pejabat Senior Israel mengatakan terlalu dini meramalkan dampak pengunduran diri Mubarak. Namun, Israel berharap perubahan menuju demokrasi di Mesir akan terjadi tanpa kekerasan dan perjanjian damai tetap terjaga.

Gaza
Juru Bicara Hamas mengatakan, pengunduran diri Mubarak merupakan awal dari kemenangan revolusi Mesir. Kemenangan itu adalah hasil dari pengorbanan dan keteguhan rakyat Mesir.

“Kami akan menyerukan kepada kepemimpinan baru Mesir untuk segera mengambil keputusan membuka blokade terhadap Gaza dan memuka perbatasan Rafah secara permanen untuk memungkinkan rakyat bergerak bebas supaya proses rekonstruksi Gaza dimulai,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai