Tips Memilih Universitas


Pasti sekarang di deket ujung-ujung semester akhir, ana k kelas 3 SMA lagi galau memilih melanjutkan studi kemana. Nah, sekarang aku bakal ngasih b eberapa tips menurut versi aku ya,hhe



1. Tentukan Kota Tujuan
Ini yang paling penting menurutku.hhe.. kenapa ? karena bagiku, suasana kota itu sangat diperlukan. karena kan yang kuliah kita, bukan orang lain. jadi kita sendiri lah yang menentukan kota mana yang kita mau. Masing-masing kota memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Tentu tergantung gimana masing-masing orang menilainya. Kalau aku pribadi, karena aku dari daerah, aku mencari kota yang sedikit jumlah orang dari sekolah daerah asalku. Awalnya aku ingin ke Jogja, tapi udah sangat crowded dengan orang dari daerahku. Lalu, aku diterima di Bandung. ya, lumayan rame juga orang daerahku disana. d an akhirnya aku memilih kuliah di jakarta, yang di tempatku orang dari sekolah asalku bisa dihitung pake jari tangan.

Kenapa aku begitu ? Bukan berarti aku malas dan sombong ingin bersama mereka lagi. Tapi aku ingin menambah luas pemikiran dan pandanganku yang menurutku tidak bisa berkembang kalau hanya berkisar orang-orang itu saja disekitarku.(kembali lagi ke masing-masing pendapat orang) sekarang tentukan kalian mau ke kota apa. What ? gak dibolehin orang tua ? Teruslah teguh dengan keyakinanmu, tunjukkan ke orang tuamu kalau kamu sungguh-sungguh mau kesana. Kalau tidak bisa juga, ya resapilah ke hati kalian. i khlas lah, itu perintah orang tuamu.

2. Tentukan Universitas Tujuan
setelah menentukan kota tujuannya, kamu harus mengetahui kemana kamu melanjutkan. Universitas Indonesia ? Unpad ? UGM ? Undip ? Unair ? ITB ? ITS ? IT Telkom ? UPN Jogja ? UII Jogja ? Universitas Trisakti ? Binus University ? UPH ? Unibraw ? Uncen ? UIR ?hhe

Tentu saja, setelah menentukan kota berarti kita sudah punya banyangan ada universitas apa aja di kota tersebut. Kalau menurut aku, pilih lebih dari satu kota tujuan kita, maksimal 3 biar kita punya banyak pilihan dan cadangan. hoho.. daripada nentuin cuma satu, eh gak lulus disitu. tinggal bengongnya aja lagi.hahaha


3. Tentukan minat
faktor utama tentu saja adalah minat. Kamu harus tau di b idang apa kamu berminat, kalo kamu suka biologi kamu bisa ke kedokteran ataupn ke pertanian. kalo kamu suka fisika dan kimia kamu bisa ke teknik. teknik kan terbagi banyak ya, kalo kamu sukannya dengan yang berbau fisika silahkan pilih jurusan seperti teknik industri, teknik elektro, teknik mesin ataupun informatika. kalo kamu suka dengan kimia, kamu pilih aja teknik kimia, teknik geologi, ataupun perminyakan. dalam memilih jurusan teknik, harap ka mu memperhatikan prospek dari jurusannya. kalo sekarang sih yang lagi dicari lulusan elektro dan geologi.

kamu masih bingung minat kamu apa ? sekarang coba sharing dengan senior kamu ataupun keluarga kamu. jangan terlalu banyak, cukup dua atau tiga orang. Itu bakalan menambah wawasan kamu. Media internet pun tersedia dan kamu bisa browsing untuk mencari-cari info.

Kemudian, kamu sesuaikan juga antara minat kamu, kemampuan kamu, dan passing grade jurusan yang kamu inginkan. Jangan sok-sokan. Minat FK UI PGnya 64,5 % kursi yang disediain cuma 100, terus kemampuan kamu biasa-biasa aja, wahahaha please deh. boleh bermimpi, karena mimpi itu awal dari segalanya. tapi ya....haha. atau kamu mau akuntansi UGM yang PGnya 56,67 % tapi tau sendirilah sainganny a seberapa banyak.hoho... jadi sesuaikan kemampuan dengan piilihan ya.

Ini saran lagi, kalo gak masuk ke PTN. ambil aja PTS, seperti Universitas Trisakti, UII jogja, UPN, Binus. Ambil PTS yang memiliki nama besar, inga t ya, NAMA BESAR !! Dengan nama besar tersebut, itu akan lebih memudahkan kamu dalam memasuki dunia pekerjaan. Karena di beberapa PTS, Ikatan Almamaternya sangat tinggi. jadi manfaatkanlah itu.

Kemudian cari info jurusan yang memiliki prospek yang bagus, di PTS kamu mau ambil yang tinggi-tinggi malah lebih bagus. Kayak ambil Kedok teran, Elektro, ataupun Akuntansi. Teman-temanku yang dulu ngebet kedokteran di PTN karena gak kesampaian pada masuk ke PTS dan ambil kedokteran.hhehe

4. Biaya yang tersedia
hmm.. ya mengertilah. kalo mau lanjut kuliah ke ove rsea tapi uang pas-pasan. mending di dalam negeri aja deh, ntar S2nya aja ke luar negeri sekalian nyari beasiswa.

okeh, aku hanya menjelaskan memilih universitas. Bukan menjelaskan bagaimana masuk ke Universitas. Yang pasti belajar keras, rajin berdoa, ditambah keberuntungan kamu bakal bisa memasuki universitas yang kamu ingini. Masih bingung dengan minat kamu sendiri ? minta petunjuk pada Allah. sekian, jangan bermalas-malasan buat kamu yang udah kelas 3 SMA. Wake Up Dude !!

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai