Nintendo Wii Bantu Mengukur Kecepatan Lari


Dikutip detikINET dari New Scientist, Jumat (11/2/2011), Ross Clark dari University of Melbourne, Australia, menyebutkan Wii mengukur kecepatan lari dengan tingkat akurasi yang sangat mengagumkan.

Menggunakan pengontrol gerak Wii yang telah dimodifikasi, Clark melakukan eksperimen dengan mengukur kecepatan para pemain rugby profesional. Dikatakannya, pengukuran menggunakan Wii lebih akurat ketimbang stop watch konvensional.

"Sangat mudah pergi berlari dengannya dan lebih murah ketimbang sistem cahaya waktu komersial yang bisa menghabiskan biaya hingga USD 250.000," kata Clark.

Pengontrol Wii memiliki kamera infra merah kecil yang mendeteksi berbagai sumber cahaya kemudian mentransfer informasi posisi penggunanya melalui Bluetooth ke dalam konsol Wii atau komputer.

Dalam percobaannya, Clark menempatkan dua sumber cahaya LED inframerah, di awal dan akhir jalur berlari dan menandai pengontrol Wii pada cahaya tersebut. Saat seseorang berlari melawati sumber cahaya tersebut, ini akan memecahnya menjadi balok-balok cahaya dan akan terdeteksi oleh pengontrol gerak.

"Menghitung waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan balok cahaya pertama dan kedua akan menghasilkan kecepatan pelari," ujar Clark.

Dia juga membandingkan hasil pengukuran ini dengan hasil pengukuran menggunakan stop watch konvensional. Hasilnya, Wii memiliki margin eror sebesar 2,95 persen dan stop watch 6,61 persen.

Sumber :http://www.detikinet.com/read/2011/02/11/143443/1569459/398/nintendo-wii-bantu-mengukur-kecepatan-lari/

0 komentar:

Posting Komentar

Hidup Adalah Lelucon Yang Baru Saja Dimulai